Kamis, 25 Maret 2010

Info Olahraga

Sumsel Potensi Sendiri



Sumatera Selatan berpotensi menjadi tuan rumah tunggal SEA Games 2011. Peluang itu muncul ketika pemerintah mengajukan dana Rp2 triliun untuk multieven dua tahunan tersebut pada Februari lalu melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dari jumlah Rp2 triliun itu, Rp825 miliar akan dialokasikan untuk merenovasi dan membangun venue.
’’Pemerintah mengajukan dana untuk melaksanakan SEA Games di empat daerah (DKI Jakarta, Jabar, Jateng, dan Sumsel. Red.). Itu terlalu besar,’’ urai anggota Komisi X Utut Adianto kemarin (7/3). "Pemerintah juga meminta dana Rp500 miliar untuk persiapan tim. Seperti pemusatan latihan dan tryout,'' tambahnya.
Dikatakan pecatur bergelar grand master (GM) tersebut, pemerintah sebenarnya bisa menekan anggaran untuk SEA Games 2011 jika pelaksanaan even itu digeber di satu tempat saja. Dan, Sumsel dinilai cocok untuk gelar ajang tersebut.
Sebab, Sumsel relatif memiliki sarana lengkap. Menurut Utut, provinsi pimpinan Alex Noerdin itu hanya membutuhkan dana Rp416 miliar yang akan digunakan untuk membangun perkampungan atlet. Karena itulah, seharusnya sebagian anggaran pelaksanaan itu bisa dialihkan untuk persiapan tim. Sebab, justru persiapan itulah yang akan membawa kesuksesan bagi Indonesia di SEA Games.
’’Pengajuan dana itu akan dibahas April nanti setelah reses. Untuk mengevaluasi itu, kami juga akan membentuk panitia kerja (panja),’’ ungkap Utut.
Utut juga mengatakan, pemerintah yang pada SEA Games 2009 mengajukan Rp200 miliar dan bisa menempati posisi ketiga dengan raihan 43 emas, 53 perak, dan 74 perunggu. So, jika mau juara, paling tidak seharusnya keluar anggaran tiga kali lipat.

Sumatera Ekspres

Tidak ada komentar: