Sabtu, 19 Desember 2009

Pernik

Utut Adianto
Banting Setir

Utut Adianto (44) kini sudah banting setir. Dulu ia berkutat dengan dunia catur. Mulai dari pemain biasa hingga menjadi pemain bergelar grand master dan menjadi pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia sudah dilakoni Utut. Sekarang ia menjajal tantangan baru, yaitu menjadi politisi di DPR. Sesuai dengan latar belakangnya sebagai pecatur, ia pun bergabung dengan Komisi X DPR yang antara lain mengurusi olahraga.

Dalam jumpa pers persiapan turnamen catur kilat So Good Christmas Cup 2009 di Jakarta, Rabu (16/12), Utut menyampaikan kesibukan Komisi X yang tengah mendorong terbitnya perangkat hukum untuk menjamin hari tua atlet. Lewat perangkat hukum itu, diharapkan tak ada lagi atlet yang pernah mengharumkan nama bangsa, tetapi terlunta-lunta pada masa tuanya. Namun, Utut tidak menepis fakta bahwa terkadang mantan atlet terlunta-lunta menjalani masa tua akibat ulahnya sendiri yang teledor mengelola keuangan.

Utut lantas menyampaikan kritik terhadap pengurus olahraga di daerah-daerah, berkaitan dengan bonus atlet। Mereka dinilai jor-joran dalam memberikan bonus kepada peraih medali di tingkat nasional। ”Saya kira kita perlu mengatur batasan besarnya bonus. Jangan jor-joran seperti sekarang,” ujarnya.

Sumber : Kompas, резреп Desember 2009

Tidak ada komentar: