Sabtu, 19 Desember 2009

SEA Games

Thailand Juara Umum, Balas di Jakarta


Thailand akhirnya mempertahankan gelar juara umum pesta olahraga Asia Tenggara XXV dan mengungguli pesaing terdekat, Vietnam।

Thailand yang menjadi juara umum di negaranya pada 2007 lalu kembali ke puncak dengan mengumpulkan 86 emas, 83 perak dan 97 perunggu. Mereka unggul tipis atas pwsaing tedekat, Vietnam yang mengumpulkan 83 emas 75 perak dan 57 perunggu.

Di hari terakhir, JUmat (18/12/2009), Thailand menambah dua emas melalui ajang tenis dan petanque. Sementara Vietnam mendapatkan dua emas cabang menembak.

Sementara Indonesia yang merupakan raja pada masa pemerintahan Soeharto, berada di posisi tiga dengan mengumpulkan 43 emas 53 perak dan 57 perunggu. Posisi tiga besar ini sesuai dengan target yang dibuat.

Indonesia tengah berusaha mengembalikan supremasi olah raga Asia Tenggara dengan memperbaiki kualitas atlet yang dikirim. Upaya pembuktian tersebut akan diwujudkan pada SEA Games XXVI yang akan berlangsung di Jakarta pada 2011 mendatang.

Waktu dua tahun tentunya cukup buat induk-induk organisasi olahraga memilih dan menyiapkan atlet-atlet mereka. Sementara para pemegang otoritas tertinggi dunia olahraga harus memberi prioritas cabang-cabang yang mampu mendulang banyak medali seperti angkat besi, atletik, renang, fin swimming, bulu tangkis दल.

Sumber : Kompas, १९ Desember 2009

Tidak ada komentar: