Senin, 14 Desember 2009

Info Pendidikan

Setiap Tahun, 1,5 Juta Remaja
Putus Sekolah


Data dari Depdiknas menyebutkan, setiap tahun sekitar 1,5 juta remaja Indonesia putus sekolah atau tidak dapat melanjutkan pendidikan. Ini berarti setiap satu menit ada empat remaja yang putus sekolah.

Remaja (usia 13-18 tahun) adalah generasi penerus dan calon pemimpin di masa depan. Untuk menyelamatkan masa depan remaja agar tetap bersekolah, Putera Sampoerna Foundation (PSF) meluncurkan kampanye penggalangan dana ”Save a Teen” di Jakarta, akhir pekan lalu.

Acara peluncuran juga dihadiri oleh 34 mitra yang berasal dari berbagai sektor bisnis seperti bank, perhotelan, restoran, mal, hiburan, dan media. Kampanye penggalangan dana bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan semua elemen masyarakat untuk membantu remaja-remaja Indonesia kembali ke sekolah.

”Kami berharap kampanye 'Save a Teen' ini dapat mengumpulkan donasi sebesar 1 Juta dolar AS. Dana tersebut akan membiayai lebih dari 12.000 siswa SMP dan SMA di seluruh provinsi di Indonesia selama satu tahun,” ujar Vira Soekardirman, Sales Director Putera Sampoerna Foundation.

Angka partisipasi sekolah terkecil di Indonesia adalah kelompok umur 16-18 tahun. Dalam kelompok umur itu, hanya 54,6 persen yang bersekolah. Angka tersebut jauh lebih kecil dibandingkan dengan kelompok umur lainnya, yakni kelompok umur 7-12 tahun 97,6 persen dan kelompok umur 13-15 sekitar 84,3 persen (BPS 2009).

Kendala

Hanya 6,58 persen penduduk Indonesia yang berhasil menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi dan berhasil menembus dunia kerja. Data itu jelas menunjukkan bahwa untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi banyak kendala yang dihadapi sebagian besar remaja di Indonesia.

Laporan Pembangunan Manusia 2009 yang dikeluarkan oleh Badan Perserikatan Bangsa-bangsa untuk Pembangunan (UNDP) menyebutkan, peringkat pembangunan manusia Indonesia (HDI) berada di urutan ke-111 dari 182 negara.

”Memberikan kesempatan bagi remaja Indonesia untuk mengenyam pendidikan yang berkualitas berartu menyelamatkan masa depan bangsa,” ujar Vira. Untuk berdonasi secara langsung, dana dapat langsung ditransfer ke rekening BCA 4583009992 atas nama Putera Sampoerna Foundation atau hubungi (021) 5772340. (bn-45)

Sumber : Suara Merdeka, 14 Desember 2009

Tidak ada komentar: