Selasa, 27 April 2010

Info Olahraga



Kemenpora Ubah Pola Bantuan ke PB-PB


Kemenpora berencana melakukan gebrakan untuk meningkatkan kinerja pengurus besar (PB) induk organisasi olahraga. Caranya, mereka akan mengubah kebijakan pemberian bantuan kepada mereka. Jika sebelumnya diberikan sama secara merata, ke depan disesuaikan dengan aktivitas setiap PB.


''Bantuan itu bertujuan meningkatkan kinerja induk organisasi olahraga yang berujung pada prestasi cabang olahraga tersebut,'' papar Sesmenpora Wafid Muharam kemarin (25/4).

Pemberian bantuan kepada PB dimulai pada 2007. Tahun lalu, jumlahnya mencapai Rp 84 juta per PB secara merata. Dalam arti, PB PBSI yang memiliki prestasi mendunia akan mendapatkan sama dengan PB POBSI (biliar) yang aktivitasnya jauh lebih rendah.

Kebijakan itulah yang rencananya diubah. Ke depan, Kemenpora menghitung kebutuhan setiap PB. ''Masing-masing cabor kan butuh dana operasional berbeda. Jadi, kami akan mencoba menghitungnya dan membagikan bantuan secara proporsional,'' urai pria yang juga ketua umum PB PGSI itu.

Pengajuan proposal untuk mendapatkan bantuan tersebut dimulai Jumat lalu (23/4). Pengajuan dana kepada Kemenpora nanti dilakukan melalui mekanisme MoU. Selanjutnya, MoU itu diberikan kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang bertugas mencairkan dana.

Pada 2009 Kemenpora memberikan bantuan kepada 46 di antara 49 PB yang mengajukan. Pengajuan tiga PB tidak dikabulkan karena tidak bisa melengkapi persyaratan administrasi yang dibutuhkan seperti akta notaris, NPWP, dan nomor rekening.

Jawa Pos, 26 April 2010




Tidak ada komentar: