Selasa, 13 April 2010

Info Olahraga

Utut : Hasil KSN Menguntungkan PSSI




Anggota Komisi X DPR RI Utut Ardianto mengatakan, rekomendasi Kongres Sepak Bola Nasional (KSN) di Malang 30-31 Maret lalu lebih menguntungkan pihak PSSI dibandingkan dengan pihak pemerintah.

"Jelas sekali menguntungkan PSSI. Dengan dianggarkan di APBD dan APBN peran pemerintah akan lebih berat," katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.

Menurut Utut, mengacu rekomendasi KSN pemerintah mendapatkan tugas yang cukup berat. Pada poin kedua pemerintah harus membangun dan meningkatkan infrastruktur olahraga khususnya sepakbola.

Selain itu, pemerintah harus menyediakan anggaran dari APBN dan APBD untuk mendukung dan menunjang target dan pencapaian sasaran untuk menuju prestasi (karena dana APBD masih diperlukan untuk stimulan).

"Itu adalah konsekuensi. Jadi pemerintah harus melaksanakan rekomendasi yang telah ditetapkan bersama begitu juga dengan PSSI," katanya menambahkan.

Kondisi itu, kata dia, sangat berat, apalagi anggaran untuk sepakbola mencapai 3 persen. Jika tidak diperhatikan dengan baik bisa terjadi kecemburuan dengan cabang olahraga lain yang lebih menguntungkan dalam berprestasi.

Sebagai wakil rakyat ia akan terus memantau pelaksanaan rekomendasi KSN atau lebih dikenal dengan Rekomendasi Malang itu karena pelaksanaannya mengeluarkan dana yang cukup besar.

"Pengawasan pasti kami lakukan. Semua juga tahu. Sepakbola Indonesia belum mampu berprestasi namun perhatian masyarakat sangat tinggi. Jadi, sebagai wakil rakyat kami akan mengupayakan agar sepakbola menjadi lebih baik," kata anggota DPR RI Komisi X yang salah satunta membidangi olahraga itu.

Ia menambahkan, jika sepakbola ingin maju dan berprestasi diperlukan kerja sama dengan semua pihak mulai dari pemerintah, swasta dan PSSI serta dukungan dari masyarakat Indonesia.

KSN yang menghasilkan Rekomendasi Malang ide awalnya dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang prihatin atas prestasi sepakbola saat ini, telah digelar oleh empat pihak yaitu Kemenpora, KONI,PWI dan PSSI.

Hasilnya tujuh rekomendasi berhasil dirumuskan meski saat pembahasannya terjadi silang pendapat. Dengan rekomendasi ini diharapkan mampu membangkitkan semangat serta prestasi sepakbola Indonesia di pentas internasional.

Antara, 4 April 2010

Tidak ada komentar: