Kamis, 24 Juni 2010

Info Olahraga

SEA GAMES
Dibutuhkan Rp 3 Triliun


Pemerintah memperkirakan kebutuhan dana penyelenggaraan pesta olahraga Asia Tenggara atau SEA Games mencapai sekitar Rp 3 triliun. ”Alokasi anggaran tahun depan (2011) Rp 1,1 triliun, tetapi kebutuhannya sekitar Rp 3 triliun. Jadi, kurang Rp 2 triliun, ini masih bergerak terus (usulannya),” kata Wakil Menteri PPN/Kepala Bappenas Lukita Dinarsyah Tuwo di Jakarta, Rabu (23/6).

Menurut dia, alokasi dana sebesar itu akan digunakan paling banyak untuk perbaikan sarana dan prasarana pertandingan agar sesuai dengan standar internasional. ”Pertandingannya kan tidak hanya di Jakarta, disediakan dana untuk perbaikan sarana dan prasarana agar sesuai dengan standar internasional. Itu dananya paling besar,” katanya.

Selain itu, anggaran Rp 3 triliun juga digunakan untuk pembinaan dan persiapan atlet cabang olahraga andalan Indonesia agar bisa meningkatkan posisi Indonesia. ”Sebagai tuan rumah, posisi kita harus lebih baik. Targetnya, Indonesia setidaknya menduduki peringkat ketiga (dalam perolehan medali), tetapi kalau bisa, juara umum lebih bagus,” katanya kepada Antara.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyediakan anggaran persiapan tuan rumah SEA Games dalam APBD Perubahan tahun 2010 sebesar Rp 114 miliar. Anggaran dana yang disediakan itu untuk merenovasi fasilitas olahraga yang sudah dimiliki daerahnya.

Namun, menurut Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, pembangunan fasilitas olahraga yang baru tidak menggunakan dana APBD.

Ia menyebutkan, anggaran dana yang disediakan untuk SEA Games itu Rp 114 miliar, tetapi dengan bantuan pihak ketiga menjadi sekitar Rp 70 miliar.

Kompas, 24 Juni 2010

Tidak ada komentar: