Senin, 16 November 2009

Info Olahraga

Ke Asian Games Perlu Dukungan Pemerintah


Agar cabang bela diri pencak silat dapat dipertandingkan pada Pekan Olahraga Antarbangsa Asia, dukungan Pemerintah Indonesia amat sangat diperlukan.

”Tanpa dukungan pemerintah, Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa yang sudah didirikan sejak 29 tahun lalu tidak mudah menjalankan misinya untuk mempertandingkan pencak silat di Asian Games, Commonwealth Games, apalagi olimpiade,” kata Eddie Marzuki Nalapraya, Presiden Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat), kepada Kompas, Sabtu (14/11).

Sejak berdiri 1980 hingga saat ini belum ada sedikit pun perhatian pemerintah terhadap pencak silat. Padahal, pencak silat merupakan cabang olahraga bela diri warisan budaya bangsa kita.

”Padahal, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu juga sudah menyandang gelar pendekar sejak tanggal 1 Agustus 2005. Tetapi, setiap pencak silat dipertandingkan di luar negeri, bisa dihitung jari berapa banyak duta besar atau staf kedutaan yang menyaksikan langsung kejuaraan di negara mereka bertugas,” ujar Eddie, yang juga mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Tinggal selangkah lagi pencak silat dapat dipertandingkan di Asian Games. ”Sebab, di Asian Games Indoor Vietnam, pencak silat dipertandingkan dengan 10 negara peserta,” kata Eddie, yang didampingi Rustadi Effendy dari Humas Persilat.

Saat ini, di luar negara Asia Tenggara, sudah ada beberapa negara yang memiliki persatuan pencak silat nasionalnya, seperti Jepang, Arab Saudi, Pakistan, Yaman, Iran, India, Nepal, Kazakhstan, dan Uzbekistan.

Khusus Jepang, Arab Saudi dan Pakistan, sekalipun ada persatuan pencak silat nasionalnya, komite olahraga nasional mereka belum mengakui. Adapun negara lainnya sudah masuk kategori anggota muda Persilat.

”Tentu dengan sudah bisa masuk Asian Games Indoor, kini tinggal selangkah lagi untuk bisa dipertandingkan di Asian Games, sedikitnya di Guangzhou, China, 2010 mendatang,” ujar Eddie.

Sebab, untuk pertandingan ekshibisi sudah di lakukan di Asian Games Busan tahun 2002. ”Saya berharap pemerintah dan KOI bisa bersinergi dengan Persilat agar pencak silat bisa dipertandingkan di Asian Games Guangzhou,” kata Eddie. (NIC)

Sumber : Kompas


Tidak ada komentar: