Selasa, 03 Agustus 2010

Hanya 35% Sekolah Layak RSBI



Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Pusat Pelatihan Bahasa Universitas Negeri Semarang (PPB-Unnes), dari 172 sekolah dari tingkat SD hingga SMA/SMK di Jateng hanya 35% sekolah yang layak berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).

Sekolah yang tidak layak berstatus RSBI itu sebagian besar dinilai berdasarkan kurangnya kompetensi guru dalam menguasai Bahasa Inggris dan teknologi informasi (ICT).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua PPB-Unnes, Dr Abdurahman Faridi MPd saat menyampaikan materi dalam Seminar Nasional ”Improving Teachers Quality Through English” di Hotel Pandanaran, Sabtu lalu.

Di hadapan perwakilan guru dari sekolah yang berstatus RSBI dari 35 kabupaten/kota se-Jateng, dia mengatakan, ketidaklayakan sekolah menyandang status RSBI bukan hanya dinilai dari fasilitas yang kurang mendukung.

Melainkan yang terpenting adalah kemampuan guru/pengajar dalam menyampaikan materi dengan menggunakan bahasa Inggris. ”Karena itu, guru perlu meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa Inggris dengan mengikuti pelatihan atau kursus di pusat/lembaga yang dimiliki PTN, yang mempunyai pendidikan bahasa Inggris. Sebab, akan diajarkan metode pembelajaran yang sesuai dengan pendidikan,” ungkapnya.
Pendampingan Dalam pelatihannya tiga hingga enam bulan ini, guru mendapatkan materi secara bertahap. Antara lain bahasa Inggris umum, di mana guru dilatih dalam berbicara dan bertanya jawab dengan siswa hingga mengekspresikan monolog untuk mapel yang diajarkan.

Kemudian, English for Instructional Purpose (Bahasa Inggris untuk pembelajaran) juga diajarkan agar guru dapat menggunakan metode tersebut di masing-masing bidang studi.

Terakhir, Guided Teaching (kelas pendampingan) yang dilakukan di tahap akhir dengan memberikan pendampingan kepada guru oleh seorang konsultan.
Tujuannya untuk memantau pelafalan apa sudah benar, penggunaan gramatikal, pemilihan kata, dan metodologi penyampaian sesuai dengan saran.

Suara Merdeka,02 Agustus 2010

Tidak ada komentar: